Iklan

Perbedaan Antara Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

admin
22 Juli 2021, 13:35 WIB Last Updated 2021-10-29T17:02:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : Perbedaan Antara Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)/ Net.

AsupanKita.com - Perbedaan Antara Teknologi AR dan VR. Teknologi pada zaman ini begitu cepat untuk melakukan sesuatu yang belum pernah ada. Seperti smartwatch, smart tv, dan lain sebagainya. Pada zaman ini juga perubahan suatu benda semakin cepat dan kecerdasan robot lebih sempurna dari pada kecerdasan pembuatnya. Dan ada dua hal yang menurut asupankita unik, AR dan VR.

1. Augmented Reality (AR)


Dilansir dari Wikipedia.com, Augmented Reality adalah pengalaman interaktif dari lingkungan dunia nyata di mana objek yang berada di dunia nyata ditingkatkan oleh informasi persepsi yang dihasilkan komputer, terkadang di beberapa modalitas sensorik, termasuk visual , auditori , haptik , somatosensori , dan penciuman .

Pada zaman ini banyak aplikasi yang telah menggunakan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality berguna untuk mempermudah dan menghias visual yang ditampilkan oleh kamera. Contoh aplikasi yang menggunakan Augmented Reality adalah Instagram. Ketika kalian memakai filter yang berada di Instagram. Filter tersebut bisa mengikuti wajah kalian kemana dan bagaimana ekspresi wajah kalian.

Dan jika kalian tahu game android Pokemon Go, game tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan visual seperti arena nya, ketika kalian menangkap pokemon, dan lain sebagainya. Saat ini pun Google maps telah mengembangkan sistem navigasinya menggunakan Augmented Reality. Ketika kalian menggunakan fitur google maps augmented ini, kalian cukup mengarahkan kamera kalian kepada landmark/bangunan yang berada di depan kalian.

2. Virtual Reality (VR)


Mungkin kalian pernah melihat video di youtube orang yang sedang memakai alat dan memainkan sebuah game? Dan ketika orang yang memainkan game itu berbalik 360 derajat, gameplay itu ikut berputar sesuai gerakan kepala orang tersebut? Jika kalian pernah melihatnya, itu adalah contoh dari teknologi Virtual Reality.

Singkatnya Virtual Reality adalah alat untuk mensimulasikan sebuah pengalaman di dunia nyata, baik itu menyerupai ataupun fantasi. Ketika kalian menggunakan teknologi Virtual Reality, kalian akan merasa masuk kedalam sebuah video yang sedang kalian putar atau kalian mainkan. Teknologi VR pun bisa kalian gunakan untuk kebutuhan kalian seperti belajar, mengenal sesuatu yang baru, bahkan bermain game.

Jika kalian membuka youtube, lalu kalian mengklik satu video yang setelah diputar video tersebut bisa melihat sekelilingnya sesuai gerakan smartphone kalian. Itu tandanya video itu bisa digunakan dengan Virtual Reality. Banyak hal yang bisa kalian dapatkan ketika kalian mencoba tenologi yang satu ini. Bukan hanya untuk pembelajaran, namun bisa juga sebagai hiburan. Namun, untuk menggunakan teknologi ini kalian diharuskan menggunakan suatu alat khusus yang dapat kalian beli di toko offline atau online.

Nah itulah Perbedaan Antara Teknologi AR dan VR. Jika kalian disuruh untuk memilih salah satu teknologi diatas, kalian akan menggunakan yang mana? Bisa kalian tulis jawaban kalian di kolom komentar. Dan jika kalian memiliki saran teknologi serupa untuk kita bahas bersama. Tulis saran kalian juga ya. See you next time.
Komentar

Tampilkan

Terkini