Iklan

6 Penyakit Phobia Teraneh yang Nyata Adanya

admin
03 Maret 2021, 03:27 WIB Last Updated 2021-10-29T17:49:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : 6 Penyakit Phobia Teraneh yang Nyata Adanya/ Net.

AsupanKita.com - Penyakit Phobia Teraneh. Setiap orang pasti memiliki rasa suka berlebih terhadap sesuatu. Dan setiap orang juga memiliki rasa takut berlebih terhadap sesuatu juga. Rasa takut dengan sesuatu yang berlebih biasanya biasa nya kita kenal dengan phobia.

Secara singkat, phobia adalah rasa takut berlebihan terhadap sesuatu. Ketakutan tersebut dapat timbul saat menghadapi situasi, berada di suatu tempat, atau ketika melihat hewan tertentu. Dalam kondisi phobia yang parah, penderitanya akan berusaha menghindar dari objek yang dapat memicu ketakutan.

Nah mungkin pernahkah kalian mendengar phobia yang menurut kalian tidak masuk akal atau aneh? Karena di dunia yang luas ini. Ada beberapa phobia yang tidak biasa orang miliki, berikut adalah 6 phobia teraneh namun nyata di dunia ini.

1. Ancraophobia


Penyakit Phobia Teraneh yang pertama adalah phobia Ancraophobia. Ancraophobia adalah rasa takut yang berlebih terhadap angin. Biasanya penderita phobia ini selalu takut bila ada hembusan angin yang berhembus kepada si penderita. Tidak harus selalu dengan hembusan angin. Terkadang, angin yang masuk melalui jendela. Penderita merasa gemetar, mulut kering, detak jantung tidak teratur, dan buang angin yang berkelanjutan.

Phobia ini tidak pernah ada sejak lahir. Namun, phobia ini muncul ketika penderita memiliki pengalaman negatif di masa lalu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan gejala ini. Baik itu faktor eksternal maupun internal.

2. Tryphophobia


Mungkin hampir banyak orang yang mempunyai phobia ini. Ya, Tryphophobia. Tryphophobia adalah rasa ketakutan berlebih ketika melihat sesuatu yang mempunyai lubang banyak disekitar nya. Biasanya, orang yang mempunyai phobia ini selalu merasa jijik dan tidak nyaman jika melihat lubang lubang yang begitu banyak.

Dilansir dari klikdokter, Fobia ini belum dikenal secara resmi. Penelitian mengenai trypophobia juga masih terbatas. Saat ini, penelitian yang ada masih mempertimbangkan perlu tidaknya kondisi ini dianggap sebagai kondisi medis yang resmi dan terpisah dari fobia jenis lainnya.

Belum ada hal yang pasti untuk mencegah phobia ini. Namun, hal yang pasti untuk mencegah phobia ini adalah tidak melihat hal hal yang menyebabkan phobia ini kambuh.

3. Venustraphobia


Jika banyak laki laki menginginkan wanita cantik berada di sekitar dia. Lain halnya dengan penderita Venustraphobia. Ya, phobia ini memang lah aneh. Karena jika penderita venustraphobia melihat wanita cantik, mereka akan merasa takut, gelisah, keringat dingin, dan lainnya.

Biasanya, phobia ini muncul karena seseorang tersebut memiliki trauma pada saat kecil oleh wanita cantik. Mungkin di bully, atau ditolak cinta oleh wanita cantik yang membuat si penderita trauma dan menjadi phobia.

4. Geliophobia


Ketawa mungkin menjadi hal yang tak terlewatkan setiap harinya, baik itu di rumah, sekolah, kampus, kantor, dan lingkungan sekitar. Tapi, jika ketawa membuat banyak orang bahagia dan mungkin menjadi media sebagai pelepas rasa kesedihannya. Berbeda dengan geliophobia. Mengapa begitu?

Karena geliophobia adalah rasa takut seseorang terhadap tertawaan yang terdengar di sekitar penderita geliophobia. Jadi, mungkin tertawa bukan hal yang biasa di mata penderita geliophobia.

5. Haphephobia


Phobia kelima ini adalah phobia yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman ketika disentuh oleh orang lain. Karena ketika seorang penderita Haphephobia disentuh oleh orang lain, mungkin sebuah kepukan ringan. Mereka akan memberikan feedback negatif terhadap orang yang menyentuh penderita.

Phobia ini bisa muncul ketika seseorang mendapatkan trauma dari kekerasan fisik, penyerangan, pelecehan sekual yang mengharuskan penderinya mendapatkan trauma terhadap kejadian masa lalunya. Biasanya orang yang merasakan phobia ini memiliki batasan privasi dengan orang lain.

6. Ombrophobia


Penyakit Phobia Teraneh terakhir adalah ombrophobia. Mungkin sebagian orang berkata bahwa hujan itu adalah anugrah dari tuhan. Namun bagi ombrophobia, hujan adalah suatu hal yang membuat mereka ketakutan.

Mungkin ketika terkena air hujan, penderita phobia ini akan menjerit ketakutan. Kebanyakan dari penderita Ombrophobia, memilih untuk diam di rumah ketika hujan turun. Mungkin bukan hanya orang yang menderita saja yang ketakutan, kita pun akan diam dirumah jika hujan turun kan?


Penutup

Nah itu dia 6 Penyakit Phobia Teraneh yang nyata adanya di dunia. Tapi bagaimana menurut kalian? Jika kalian mengetahui phobia aneh yang ada di dunia ini. Kalian bisa gunakan kolom komentar untuk sharing hal yang kalian ketahui. See you in the next post.
Komentar

Tampilkan

Terkini