Iklan

Apa Itu Bitcoin? Berikut adalah Penjelasan dan Cara Kerja Bitcoin

admin
25 Februari 2021, 13:49 WIB Last Updated 2021-10-29T17:52:25Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Bitcoin: Pengertian/Penjelasan dan Cara Kerjanya - AsupanKita.com
Foto : Apa Itu Bitcoin? Berikut adalah Penjelasan dan Cara Kerja Bitcoin/ Net.

AsupanKita.com - Apa itu Bitcoin? Seperti kita tahu, saat ini Bitcoin menjadi topik pembicaraan keuangan dunia. Bagaimana tidak, dalam beberapa waktu lalu. Harga Bitcoin menanjak naik hingga menyentuh angka 800 juta rupiah. Sungguh angka yang luar biasa fantastis dalam harga tukar Bitcoin selama 5 tahun terakhir.

Namun, apakah kalian tahu apa itu Bitcoin? Dan siapa yang menemukan Bitcoin pertama kali? Kali ini asupankita akan memberi informasi apa itu Bitcoin dan siapa orang yang pertama kali menemukan Bitcoin.

1. Pengertian Bitcoin

Dilansir dari wikipedia.org, Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Desain dari Bitcoin memperbolehkan untuk kepemilikan tanpa identitas dan pemindahan kekayaan. Bitcoin - bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet atau di simpan oleh sebuah servis wallet pihak ketiga, dan terlepas dari semua itu Bitcoin - bitcoin dapat di kirim lewat internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin.


2. Sejarah Bitcoin

Sebelum bitcoin memiliki harga fantastis seperti sekarang. Bitcoin memiliki sejarah yang mungkin tidak terbayang bisa menyentuh harga yang dimiliki oleh kepingan Bitcoin. Pada tahun 2008, namun dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Transaksi pertama yang menggunakan Bitcoin adalah ketika penambang Bitcoin membeli dua pizza di Papa John’s seharga 10.000 Bitcoin. Pada saat itu, kita juga bisa berspekulasi bahwa harga Bitcoin tidak sebesar harga pasar pada saat ini. Karena pada saat itu, transaksi Bitcoin dilakukan secara privasi dan juga tidak banyak yang mengenal Bitcoin.

Namun, pada tahun 2013. Bitcoin mulai menjadi perhatian setelah mendapati banyaknya inflasi besar dalam mata uang. Diketahui, pada tahun 2013 harga Bitcoin per keping adalah sekitar 100 dollar. Namun, di akhir tahun harga bitcoin per keping naik menjadi 1000 dollar dalam jangka waktu satu bulan.


3. Cara Kerja Bitcoin

Untuk memahami cara kerja Bitcoin, kita diharuskan mengetahui tiga bagian dari Bitcoin, yaitu : Block Chain, Mining Network, dan Wallet

a. Block Chain

Block chain adalah daftar tiap transaksi Bitcoin yang pernah terjadi. Sebelum transaksi masuk ke block chain, maka transaksi itu belum selsai. Sesuai namanya, block chain merupakan rangkaian blok. Blok tersebut berisi sekumpulan transaksi baru dan terhubung dengan blok sebelumnya. Semua orang dapat memvalidasi block chain dengan mengikuti seluruh catatan yang merekam setiap transaksi sampai dengan transaksi pertama.

b. Wallet

Wallet adalah bagian Bitcoin yang sering dilihat oleh pengguna. Istilah wallet (dompet) sendiri kurang tepat karena wallet sebetulnya tidak menyimpan Bitcoin. Wallet hanya menyimpan private key yang mengijinkan sang pemilik untuk menambah transaksi ke block chain disebuah alamat berupa public key. Bitcoin-nya tersimpan sebagai sebuah catatan transaksi di dalam block chain tersebut.

c. Mining/Penambangan

Orang-orang yang menambang Bitcoing, adalah orang-orang yang menjaga transaksi lama serta memastikan transaksi baru tercatat. Tugas mereka adalah membuat blok baru. Blok-blok ini menyimpan transaksi baru yang terjadi. Sebagai kompensasi telah menambang blok-blok baru ini, mereka diberikan beberapa Bitcoin.

Bitcoin tidak lebih dari aplikasi ponsel atau program komputer yang menyediakan wallet Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima bitcoin. Inilah cara Bitcoin bekerja untuk sebagian besar pengguna.

Di belakang layar, jaringan Bitcoin membagikan sebuah catatan publik yang disebut "block chain". Catatan ini berisi semua transaksi yang pernah diproses, memungkinkan komputer pengguna untuk memverifikasi keabsahan di tiap transaksi.

Keaslian setiap transaksi dilindungi dengan tanda tangan digital yang berhubungan dengan alamat pengirim, memungkinkan semua pengguna memiliki kontrol penuh atas pengiriman bitcoin dari alamat Bitcoin mereka.

Sebagai tambahan, semua orang dapat memroses transaksi menggunakan komputasi perangkat keras khusus dan mendapatkan hadiah dalam bentuk bitcoin untuk layanan ini. Kegiatan ini seringkali disebut dengan "penambangan".

Penutup

Nah itu dia penjelasan Apa itu Bitcoin dan cara kerja bitcoin di setiap transaksi. Gimana menurut pendapat kalian? Apakah kalian tertarik untuk membeli bitcoin dengan tujuan investasi atau sebagai media pembayaran? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.
Komentar

Tampilkan

Terkini