Iklan

Keren! Seri ke-15 Sirkuit Mandalika, Indonesia Sudah Ada di Kalender MotoGP 2021

admin
08 September 2020, 10:03 WIB Last Updated 2021-10-29T17:00:59Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Keren! Seri ke-15 Sirkuit Mandalika, Indonesia Sudah Ada di Kalender MotoGP 2021
Foto : Keren! Seri ke-15 Sirkuit Mandalika, Indonesia Sudah Ada di Kalender MotoGP 2021/ Net. 

AsupanKita.com - Sudah didepan mata bahwa MotoGP akan segera hadir di Indonesia, dimana dikabarkan Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2021 mendatang. Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2021, yaitu di Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok Tengah yang saat ini masih dalam tahap pembangunan bakal menjadi venue tempat terselenggaranya ajang balapan tersebut.

Meski sampai saat ini pengerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika masih dalam tahap pembangunan alias belum rampung 100 persen, namun organisasi Dorna Sport tampaknya sudah benar-benar yakin memasukkan Indonesia sebagai tuan rumah balapan seri ke-15 pada kalender MotoGP 2021 nanti. Menurut rencana, GP Indonesia tersebut akan berlangsung usai para pembalap melakoni seri GP Malaysia dan GP Thailand.

Kabar dipastikannya Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP pada musim 2021 itu telah disampaikan sendiri oleh pihak Dorna Sport selaku pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan balapan MotoGP diseluruh dunia. Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP 2021 itu dapat dilihat dari laman resmi ajang balapan tersebut, dimana MotoGP Indonesia 2021 sudah ada di daftar pembelian tiket yang dijual di laman resmi tersebut.

Kendati demikian, tiket untuk MotoGP Indonesia 2021 belum bisa dibeli dari laman resmi balapan MotoGP. Dalam pernyataan resminya, tiket yang dijual untuk menyaksikan langsung balapan di Sirkuit Mandalika masih belum tersedia.

“Tiket yang dijual untuk ajang ini (MotoGP Indonesia 2021) masih belum tersedia. Daftar di bawah jika ingin mendapatkan pemberitahuan ketika tiketnya sudah dijual,” tulis pernyataan resmi pihak MotoGP, Selasa (8/9/2020).

Tentu ini merupakan kabar gembira bagi para pencinta MotoGP di Tanah Air, sebab mereka tak perlu lagi pergi ke luar negeri demi untuk menyaksikan Valentino Rossi dan para rider MotoGP lainnya bertarung di sirkuit. Pencinta MotoGP Indonesia cukup datang ke Lombok untuk menyaksikan ajang balapan MotoGP dari Sirkuit Mandalika.

Ini memang bukanlah kabar yang mengagetkan karena memang sudah sejak lama pihak Dorna Sports dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saling bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut. Pihak Dorna Sport sejak awal sudah sepakat memasukkan Indonesia di kalender mereka untuk musim 2021. Namun, saat itu semuanya masih berupa rencana dan belum ada yang resmi. Kini, seri Indonesia sudah ada di kalender MotoGP 2021, jadi Sirkuit Mandalika benar-benar akan menjadi trek para pembalap MotoGP.

Fakta Unik Dibalik Sirkuit Mandalika

Keren! Seri ke-15 Sirkuit Mandalika, Indonesia Sudah Ada di Kalender MotoGP 2021
Foto : Simulasi Sirkuit Mandalika 3D

1. Sirkuit Jalan Raya Pertama di dunia

Sirkuit Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk perhelatan MotoGP. Menurut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, pembangunan Sirkuit Mandalika kemungkinan rampung pada akhir tahun 2020.

Jadwal musim 2021 MotoGP diperkirakan akan ditentukan sekitar bulan Agustus 2020. Disebutkan, Sirkuit Mandalika telah mendapatkan kontrak dari MotoGP untuk lima tahun.

2. Sirkuit Terletak di Kawasan Destinasi Wisata Kelas Dunia

Sirkuit Mandalika mempunyai panjang lintasan 4,31 kilometer. Jumlah tikungan lintasan ini berjumlah 17. Lintasan dibangun dalam kawasan The Mandalika, yang merupakan destinasi pariwisata kelas dunia. Sirkuit ini merupakan lintasan terbuka dan menyajikan pemandangan bukit dan pantai.

3. Bisa Menyaksikan Balapan dari Atas Bukit

Bagian tribun sirkuit ini mampu menampung 150.000 pentonton. Fasilitas dimana penonton dapat menyaksikan pebalap dari atas bukit juga disiapkan. Dua bukit dapat menampung lebih dari 30.000 penonton.

Sehingga, menonton dari bukit ini menjadi pilihan lain selain penonton melihat dari tribun.

4. Anggaran dan Menyerap Ribuan Pekerja

Pembangunan sirkuit acara internasional ini diklaim menyerap sekitar 7.500 pekerja. Sementara itu, Sirkuit Mandalika disebutkan mampu menyerap 300 orang putra daerah sebagai staf teknis.

Tahap awal konstruksi bangunan sirkuit dianggarkan sebesar Rp 500 miliar. Ongkos penyelenggaraan satu kali perhelatan MotoGP sebesar Rp 9 juta Euro yang akan dibayarkan menjelang balapan.

5. Sumber Pendapatan Baru bagi Negara maupun Masyarakat Sekitar

Pendapatan akan bisa diperoleh dari tiket, cenderamata, makanan dan minuman. Dimana PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan Kementerian Pariwisata akan menyalurkan sejumlah dana kepada masyarakat untuk pembiayaan homestay di Mandalika.

Penyaluran dana program kepada masyarakat di Desa Kuta, Mandalika dilakukan lewat Lembaga Penyalur dan pemberdayaan Lembaga Penyalur pada area DPP. Pembiayaan homestay dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membangun atau memperbaiki kamar rumah yang nantinya disewakan kepada wisatawan.

Sebagian artikel ini telah tayang di Okezone.com dengan judul 'Sirkuit Mandalika Ada di Kalender 2021, Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah MotoGP'.
Komentar

Tampilkan

Terkini