Iklan

Kabar Gembira! Kartu Prakerja Gelombang 4 akan Dibuka Kembali, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya

admin
03 Agustus 2020, 12:54 WIB Last Updated 2021-10-29T16:25:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Foto : Kabar Gembira! Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Kembali, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya/ Net.

AsupanKita.com - Pemerintah melalui Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja kembali mengumumkan kepastian akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang IV pada pekan depan. Dimana hal ini sudah berapa kali meleset dari sebelumnya, terakhir yang dijanjikan akan dibuka pada akhir Juli.

Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang IV yang akan dibuka pekan depan ini, bahwa hal tersebut sudah dipastikan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja. Bahkan menurut PMO, kuota yang disiapkan pada gelombang IV ini akan jauh lebih besar dari gelombang-gelombang sebelumnya.

Keputusan ini dituangkan seiring dengan proses pembahasan finalisasi Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) 76/2020.

"Segera setelah diputuskan oleh Komite maka manajemen pelaksana akan membuka pendaftaran gelombang ke 4 yang diperkirakan sebelum akhir pekan depan," tulis keterangan resmi manajemen, Sabtu (1/8/2020).

Rencana pendaftaran untuk gelombang empat sudah beberapa kali diundur. "Kuota jumlah penerima Kartu Pra Kerja per gelombang akan jauh lebih besar daripada 3 gelombang sebelumnya," katanya, seperti dikutip Morethansource.com dari portal berita cnbcindonesia.com, Senin (4/8/2020).

Saat ini, aturan teknis terkait hal ini tengah difinalisasi oleh berbagai kementerian dan lembaga yang terkait. "Di sisi operasi, manajemen pelaksana sedang menyiapkan hal teknis untuk mengakomodasi Perpres, Permenko baru dan arah kebijakan Komite," katanya.

Perlu kami sampaikan kembali, bahwa Kartu Prakerja adalah program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan skill dan kemampuan para pencari kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri. Program ini juga diperuntukkan bagi mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk menjalankan program ini pemerintah sudah menaikkan anggaran dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Anggaran ini akan dikucurkan kepada 5.605.634 orang dan peserta program per minggu paling banyak 164.872 orang.

Bagi mereka yang telah lolos mengikuti seleksi peserta program Kartu Prakerja akan diberikan pendidikan dan pelatihan. Setelah lulus akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang dikeluarkan oleh penyelenggara resmi yang telah ditunjuk oleh panitia program Kartu Prakerja. Pelatihan sendiri dilakukan secara online maupun offline, setiap peserta bebas menentukan pilihan program pelatihan yang ingin diikutinya sesuai dengan minat peserta masing-masing.

Selain itu, peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3.550.000 per orang. Rinciannya yaitu Rp 1 juta untuk bantuan pelatihan, Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan untuk insentif pelatihan yang akan diberikan setelah peserta menyelasaikan pelatihannya dan Rp 150 ribu insentif survei kebekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.

Sebagai catatan bagi calon peserta, untuk dapat mengikuti program ini peserta harus memenuhi syarat yaitu berwarga negara Indonesia, usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Berikut ini cara mendaftar program Kartu Prakerja di situs prakerja.go.id yang sudah kami rangkum berikut ini:

1. Daftarkan akun pribadi di situs prakerja.go.id. Untuk ini kamu harus memasukkan email dan nomor ponsel valid. Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke email dan nomor ponsel kamu, selanjutnya kamu akan diminta memasukan kede yang akan dikirim ke email/nomor ponsel kamu untuk mengaktifkan akun.

2. Selanjutnya setelah akun kamu sudah aktif, kembali login ke akun dan kamu akan diminta untuk melengkapi data pribadi kamu, serta mengupload kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dan swafoto pribadi kamu.

3. Selanjutnya akan ada tes kemampuan dasar, silahkan jawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan tepat agar kamu bisa lolos.

4. Jika kamu dinyatakan lolos maka kamu akan dihubungi dan memilih pelatihan yang ingin diikuti.

Demikianlah rangkuman tata cara dan syarat pendaftaran program Kartu Prakerja yang kami rangkum dari situs resmi prakerja.go.id. Tidak ada salahnya kamu mencobanya, semoga berhasil!.
Komentar

Tampilkan

Terkini