Iklan

Apakah Anda Penerima Bansos Covid-19 Rp600 Ribu dari Pemerintah? Cek Disini

admin
20 Mei 2020, 08:19 WIB Last Updated 2021-10-28T02:31:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Apakah Anda Penerima Bansos Covid-19 Rp600 Ribu dari Pemerintah? Cek Disini
Foto : Apakah Anda Penerima Bansos Covid-19 Rp600 Ribu dari Pemerintah? Cek Disini/ Net.

AsupanKita.com - Adanya keluhan seputar penyaluran bantuan sosial (bansos) dalam rangka menopang perekonomian masyarakat yang terdampak selama pandemi Covid-19 terus berdatangan dari masyarakat beberapa waktu ini.

Menindaklanjuti keluhan-keluhan tersebut, Kementerian Sosial terus berupaya untuk mencari cara agar bansos Covid-19 ini benar-benar sampai dan tepat sasaran.

Seperti diketahui, Bansos Covid-19 akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus corona senilai Rp 600.000 per bulan.

Salah satu yang diusahakan Menteri Sosial, Juliari P Batubara yakni meminta kepada pemerintah daerah yang memperoleh alokasi bansos untuk membuka data penerima manfaat secara transparan.

Dengan transparansi penyaluran bantuan tersebut, diharapkan masyarakat bisa saling mengawasi jika terjadi kejanggalan sasaran yang dirasa kurang tepat.

Selain itu, untuk meminimalisir aksi protes warga terkait sasaran bansos Covid-19, Kemensos telah menyediakan layanan untuk masyarakat agar bisa mengecek status kepesertaan bansos. Layanan tersebut bisa dengan mendatangi Dinas Sosial setempat atau melalui laman Pusdatin Kemensos.

"Bisa tanya data tersebut ke Dinsos Kabupaten/Kota. Atau jika sudah punya data NIK dapat di-crosscheck kepesertaan bansosnya di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/," jelas Ujang T Hidayat.

Berikut cara mengecek status kepesertaan bansos:


- Pilih ID kepesertaan yang diinginkan

- Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih

- Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih

- Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha

- Klik cari

Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada di dalam database. Setelah itu, keterangan bansos akan ditampilkan didalam aplikasi tersebut.

Silahkan langsung tekan tombol CEK DISINI dibawah ini untuk Mengecek Bantuan Terdampak Covid-19 Rp.600.000 Kamu.

Jika lama terbuka silahkan tunggu beberapa saat karena kemungkinan sistem lagi sibuk, catatan menggunakan perangkat laptop atau pc jauh lebih baik.

9 Juta KK Diluar Jabodetabek Akan Menerima BLT Senilai Rp600 ribu Jelang Lebaran

9 Juta KK Diluar Jabodetabek Akan Menerima BLT Senilai Rp600 ribu Jelang Lebaran
Foto : 9 Juta KK Diluar Jabodetabek Akan Menerima BLT Senilai Rp600 ribu Jelang Lebaran

Sebanyak 9 juta kepala keluarga (KK) terdampak covid-19 akan mendapatkan bantuan langsung tunai atau BLT dari pemerintah pusat.

Bantuan yang diberikan pemerintah pusat jelang lebaran bagi warga terdampak diluar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Besaran bantuan yang akan diterima warga terdampak covid-19 di waktu jelang lebaran, menurut Menteri Sosiaal Juliari Batubara, jumlah besarannya sama seperti yang diterima beberapa warga di Jabodetabek yakni sebesar Rp600 ribu per kepala keluarga.


“Program bansos yang akan digulirkan pemerintah saat ini akan diberikan kepada warga terdampak diluar Jabodetabek yaitu bansos tunai sebesar Rp600 ribu yang akan diberikan selama 3 bulan. Jumlah penerimanya mencapai 9 juta KK,” ungkap Juliari dalam pressconference secara virtual Jumat 8 Mei 2020.
Komentar

Tampilkan

Terkini