Iklan

Indonesia Konfirmasi 27 Kasus Positif Corona per Selasa (10/3/2020), 9 Negara ASEAN Juga Mengalami Peningkatan

admin
10 Maret 2020, 19:43 WIB Last Updated 2022-03-01T01:13:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Indonesia Konfirmasi 27 Kasus Positif Corona per Selasa (10/3/2020), 9 Negara ASEAN Juga Mengalami Peningkatan
Foto : Indonesia Konfirmasi 27 Kasus Positif Corona per Selasa (10/3/2020), 9 Negara ASEAN Juga Mengalami Peningkatan /Net.

AsupanKita.com - Jumlah pasien positif virus korona (Covid-19) di Indonesia terus bertambah. Data termutakhir yang disampaikan Pemerintah pada Senin (9/3/2020), pasien positif corona kini menjadi 19 orang.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, hari ini bertambah delapan pasien dinyatakan positif berdasarkan hasil tes dan analisa dokter, jadi total kasus positif corona sudah 27 kasus.

"Kemarin sudah mengumumkan pasien dengan kode 01 sampai 19. Saya akan lanjutkan hari ini, hasil lab siang tadi dan analisis bersama ahli. Total jumlah (pasien) baru delapan," kata Yurianto kepada wartawan di kompleks istana kepresidenan, Jakarta.

Yurianto merinci pasien baru atau kasus 20 merupakan perempuan berusia 70 tahun. Pasien ini bagian dari penelusuran cluster Jakarta. Pasien selanjutnya adalah kasus 21 seorang perempuan 46 tahun yang juga bagian dari cluster Jakarta

Pasien lain adalah kasus 22, perempuan 36 tahun yang merupakan imported case. Kemudian pasien selanjutnya yakni kasus 23 seorang perempuan berusia 73 tahun.

"Kondisinya saat ini menggunakan ventilator karena faktor komorbit (penyakit penyerta) cukup banyak. Kondisi stabil," ujar Yurianto.

Selanjutnya adalah pasien kasus 24 seorang laki-laki berusia 46 tahun. Pasien ini merupakan imported case. Pasien lain adalah kasus 25 seorang perempuan berusia 53 tahun seorang WNA.

Kemudian pasien kasus 26 seorang laki-laki usia 46 tahun seorang WNA. Kedua pasien terakhir adalah imported case. Terakhir kasus 27 adalah laki-laki berusia 33 tahun.

Lebih lanjut, Yurianto mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan mengingat jumlah pasien positif corona meningkat.

"Gunakan masker," masih kata Yurianto, seperti dilansir dari cnnindonesia.com pada Selasa (10/3/2020).

Sementara itu, secara global virus corona baru penyebab penyakit Covid-19 telah menyebar di 103 negara di dunia. Data terbaru per Selasa (10/3/2020) siang, menunjukkan jumlah kasus yang telah dikonfirmasi secara global sebanyak 114.452 dengan 4.026 kasus kematian. Dari total kasus tersebut, 64.169 orang dari seluruh pasien yang dikonfirmasi terinfeksi sebelumnya telah dinyatakan sembuh.

Selain di Indonesia, jumlah kasus positif virus corona di sejumlah negara-negara anggota ASEAN juga mengalami peningkatan. Berikut adalah perkembangan kasus virus corona di negara-negara ASEAN per 10 Maret 2020, dilansir dari Kompas.com, Selasa (10/3/2020):

1. Brunei Darussalam

Pengunjung dari provinsi China, Zhejiang dan Jiansu, dilarang untuk masuk ke Brunei dengan pengecualian warga negara Brunei dan penduduk tetap.

Hingga kini, belum ada kasus yang dilaporkan terjadi di negara ini. Akan tetapi, ada 158 orang yang menjalani karantina pribadi.

Kementerian Kesehatan Brunei juga telah menyiapkan empat lokasi yang dapat diubah menjadi tempat karantina sementara apabila ada kasus yang nantinya dikonfirmasi.

2. Kamboja

Jumlah kasus virus corona yang dilaporkan di Kamboja hingga kini adalah sebanyak 2 kasus.

Sementara, seorang pria China yang disebut terinfeksi virus saat berlibur ke Kamboja telah dikeluarkan rumah sakit.

Negara ini juga telah menangguhkan semua perdagangan hewan-hewan liar.

Sebelumnya, Perdana Menteri Kamboja sempat meminta untuk mengunjungi Wuhan dan berbicara dengan warga negara Kamboja dalam kunjungan ke Beijing. Namun, permintaan ini ditolak oleh China.

3. Laos

Hingga kini, belum ada satupun kasus yang dilaporkan di Laos. Namun, dua suspect dilaporkan sempat diinvestigasi.

Teraru, pemerintah Laos dikabarkan akan menunda pelaksanaan acara National Sport Games yang ke-11.

Pemerintah AS juga telah menyediakan alat-alat pelindung untuk Laos yang terdiri atas 440 kacamata pelindung, 1.500 baju pelindung, dan 220 pelindung wajah.

Baca juga: 19 Kasus Positif Virus Corona di Indonesia, Berikut Daftar 103 Negara Terinfeksi Covid-19

4. Malaysia

Kementerian Kesehatan Malaysia mengonfirmasi adanya 18 infeksi baru. Kasus-kasus baru membuat jumlah kasus virus corona di Italia telah mencapai 117 kasus.

Negara ini pun melarang kapal pesiar Costa Fortuna untuk berlabuh. Pasalnya, kapal ini berisi sekitar 2.000 orang termasuk puluhan warga Italia.

Sebagai informasi, Italia merupakan negara di luar daratan China dengan jumlah infeksi corona terbanyak, yaitu 9.172 kasus per Selasa (10/3/2020).

5. Myanmar

Pasukan bersenjata Myanmar mengumumkan bahwa mereka akan menunda parade militer tahunan untuk mencegah penyebaran virus.

Hingga kini, belum ada satupun kasus infeksi virus corona yang dilaporkan di negara ini.

Namun demikian, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan dana sebesar 200.000 dollar AS untuk membeli peralatan laboratorium, obat-obatan, dan peralatan proteksi dalam menghadapi virus ini.

Mereka juga telah melakukan pembatasan perjalanan dan peningkatan pemeriksaan kesehatan sepanjang perbatasannya dengan China.

6. Filipina

Hingga kini, total kasus infeksi virus corona yang terjadi di Filipina adalah sebanyak 20 kasus.

Filipina juga telah mengeluarkan larangan bagi pengunjung dari sejumlah wilayah seperti Provinsi Gyeongsang Utara, Korea Sealtan.

Sebelumnya, kematian pertama akibat virus corona yang terjadi di luar China dilaporkan terjadi di Filipina, yaitu pada seorang laki-laki berkebangsaan China berusia 44 tahun dari Wuhan.

Ia meninggal di sebuah rumah sakit di Manila dan dilaporkan terinfeksi sebelum memasuki Filipina.

7. Singapura

Jumlah kasus virus corona di Singapura saat ini adalah sebanyak 160. Dari jumlah tersebut, 93 kasus di antaranya telah pulih sepenuhnya dari infeksi dan telah keluar dari rumah sakit.

Sementara, 67 kasus yang terkonfirmasi lainnya masih berada di rumah-sakit.

Sebagian besar dilaporkan dalam kondisi yang stabil atau membaik. 10 di antaranya berada dalam kondisi kritis dan dirawat di ruang perawatan intensif.

Singapura juga telah melarang pendatang yang melakukan transit melalui Iran, Italia bagian utara, dan Korea dalam 14 hari terakhir.

8. Thailand

Jumlah kasus virus corona yang telah terkonfirmasi di Thailand berjumlah sebanyak 51 kasus.

Selain Malaysia, Thailand juga turut melarang kapal pesiar Costa Fortuna untuk berlabuh di pelabuhan wilayahnya.

Sebelumnya, pemerintah Thailand juga telah berusaha untuk memulangkan dan mengidentifikasi ribuan pekerja ilegal Thailand di Korea Sealtan. Jumlah dari pekerja ilegal ini tidak diketahui, tetapi diperkirakan mencapai 150.000 orang.

9. Vietnam

Terbaru, jumlah kasus virus corona di Vietnam telah mencapai 31 kasus. Sebelumnya, 16 kasus yang terkonfirmasi telah dinyatakan sembuh sepenuhnya.

Vietnam pun memberlakukan beberapa pembatasan perjalanan saat ini seperti mewajibkan pengunjung untuk menyerahkan deklarasi keterangan kesehatan saat kedatangan.

Selain itu, diberlakukan larangan sementara bagi pengunjung dengan riwayat perjalanan ke China, kecuali bagi pejabat atau misi diplomatik.
Komentar

Tampilkan

Terkini