Iklan

Berikut 5 Tips yang Harus Dipersiapkan Apabila Berencana Mengajak Anak-Anak Pergi Ibadah Umroh

admin
31 Januari 2020, 09:43 WIB Last Updated 2021-10-29T17:08:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Berikut 5 Tips yang Harus Dipersiapkan Apabila Berencana Mengajak Anak-Anak Pergi Ibadah Umroh
Foto : Berikut 5 Tips yang Harus Dipersiapkan Apabila Berencana Mengajak Anak-Anak Pergi Ibadah Umroh/ Net.

AsupanKita.com - Bisa menjalankan ibadah umroh bersama keluarga besar, termasuk bersama pasangan, anak dan orang tua merupakan sesuatu hal istimewa. Tidak banyak keluarga yang bisa mendapatkan kesempatan ini.

Dibandingkan umroh bersama pasangan saja, mengajak serta anak memang membutuhkan persiapan dan perhatian khusus. Anak-anak bukan halangan bagi orang tua untuk menjalankan ibadah umroh, justru memberikan banyak pelajaran dan manfaat bagi keduanya.

Diantaranya, untuk anak kita jadi lebih dini sudah mengenal ritual ibadah haji dan umroh bahwa wajib bagi umat islam yang mampu secara lahir maupun batin, sejarah dan nilai-nilai islam. Bagi orang tua, tentunya sebagai wujud cinta kasih kepada keluarga, agama, dan melatih kesabaran serta keuletan dalam mendidik anak.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua ketika memutuskan untuk berangkat umroh membawa anak;

1. Persiapan lebih awal

Mengajak anak berangkat umroh berarti Anda harus mempersiapkan segala hal jauh-jauh hari mulai dari dokumen, pemilihan travel agent yang amanah, perlengkapan si anak selama berada di Tanah Suci.

Pilih jadwal umroh di cuaca yang bersahabat dengan kebiasaan orang Indonesia, rata-rata di bulan Maret - Mei. Namun jika dalam November - Februari Anda siap dengan musim dingin, tentu tak masalah.

2. Menjaga kesehatan si anak

Kesiapan fisik anak untuk melakukan ibadah umrah tentu harus jadi hal utama. Sebelum berangkat, sebaiknya cek kesehatan si kecil ke dokter anak.

Jangan lupa untuk memberinya vaksin sesuai dengan anjuran dokter. Jaga konsumsi makanan dan pola tidur, agar bugar di hari keberangkatan umroh.

Mengingat perjalanan panjang, alangkah baiknya Anda sudah pernah mengajak anak naik pesawat agar terbiasa dan beradaptasi dengan kondiri di dalam pesawat terbang.

3. Perhatikan jarak penginapan dengan masjid

Jarak penginapan dengan masjid sebaiknya tidak terlalu jauh. Sehingga Anda dan anak bisa senyaman mungkin dan tidak perlu berjalan jauh ketika hendak beribadah.

Jangan lupa lengkapi anak dengan tanda pengenal dan informasi yang lengkap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Lebih waspada dan perhatian

Jamaah umroh berasal dari berbagai negara, banyak orang yang datang ke masjid untuk beribadah. Maka Anda perlu lebih waspada dan lebih perhatian kepada anak. Hindari kerumunan terutama saat tawaf dekat Kabah dan Hajar Aswad. Jangan pula cuek saat sedang mengaji dan membiarkan anak menangis.

Anda juga bisa bergantian menjaga anak. Misalnya saat anak tidur di hotel, pasangan bisa menjaga dan Anda bisa pergi ke Masjid.  Waktu istirahat anak juga penting jadi perhatian orang tua. Jika anak cukup tidur mereka tidak akan rewel dan orang tua bisa beribadah dengan khusyuk.

5. Ajak anak rekreasi

Rekreasi di sini maksudnya adalah melakukan rutinitas di luar kegiatan beribadah umroh itu sendiri seperti bersantai, jalan-jalan ke mal maupun pertokoan sekadar beli makanan dan kebutuhan kita dan si anak.

Berikan rewards kepada anak yang telah berkelakuan baik dan berusaha ikut untuk ikut beribadah. Dengan begitu anak jadi tidak rewel dan memudahkan orang tua beraktivitas.

Itulah kelima rangkuman tips dari hal-hal yang perlu Anda persiapkan dan lakukan apabila berencana mengajak anak-anak ikut serta beribah umroh, baik sebelum keberangkatan maupun saat berada di tanah suci.
Komentar

Tampilkan

Terkini